Jalur Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN,SBMPTN,UM)

Jalur Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN,SBMPTN,UM)


 Untuk calon-calon mahasiswa yang sekarang lagi semangat-semangatnya mencari tahu universitas yang di minatinya dan cara masuk universitas tersebut bagaimana, benerkan ??
jika benar berarti kalian benar-benar berniat untuk menjadi mahasiswa yang akan menjunjung keilmuan di negara kita Indonesia ini. langsung saja, Universitas manapun dan dimanapun jalur masuk perguruan tinggi hampir semua sama, tapi yang membedakan apakah universitas itu NERGRI apa SWASTA, tapi di sini saya akan sedikit menjelaskan tentang jalur masuk perguruan tinggi negri sebagai berikut :

1.SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri)

    SNMPTN adalah salah satu jalur untuk memasuki perguruan tinggi negri (PTN) yang kita inginkan, jalur ini juga sering di sebut jalur undangan, karna kenapa?? karna jalur ini mempunyai keistimewaan yaitu tidak perlu melakukan test tulis, ataupun harus daftar langsung ke tempat universitas tersebut, jalur ini mengandalkan nilai-nilai kita dari semester pertama sampai terakhir, dan daftarnyapun secara online, ketika kita mendaftar SNMPTN kita di beri pilihan 2 Universitas dan 3 jurusan Contoh yang saya pilih
  • yang pertama Perguruan tinggi UIN Jakarta jurusan PAI dan KPI
  • yang kedua Peguruan tinggi UIN Bandung jurusan Jurnalistik 
itu tadi contohnya , jika nilai kalian waktu SMA bagus bagus Insa Allah kalian langsung di terima dan di banggakan di sekolah.

2.SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri)
 SBMPTN adalah sebuah jalur yang menggunakan test tulis yang di selenggarakan bersama (semua PTN) dan tempatnyapun tidak usah langsung ke PTN yang kita pilih, bisa di tempat terdekat yang anda pilih, dan ketika kalian daftar di jalur SBMPTN, sama dengan kalian mengikuti SNMPTN di beri pilihan 2 universitas dan 3 jurusan, dan harus melakukan registrasi sebesar 100.000 (tidak tetap) dan setelah melakukan registrasi kalian di suruh print out tanda peserta untuk tanda bukti saat akan melakukan test tulis.

3.UM (Ujian Mandiri)

   Jalur yang terakhir yaitu Ujian Mandiri, solusi terakhir jika SNMPTN dan SBMPTN tidak masuk alias tidak keterima, dan jika masuk jalur ini sedikit kemungkinan untuk di terima, tapi kalo kita benar-benar ingin menjadi mahasiswa, apa boleh buat kita coba karna jika kita usaha pasti ada jalan, cara daftarnya emang sedikit repot, kita pergi ke kampus yang kita pilih, dan melakukan test tulis di sana juga dengan jangka waktu yang berbeda. tapi jika kalian percaya diri Insa Allah keterima.

Di mana ada kemauan pasti ada jalan jika kalian ingin menjadi mahasiswa maka berusahalah, dan yakin atas diri kalian sendiri,semangat calon MAHASISWA

 Baca juga peran dan fungsi mahasiswa dan mahasiswa menutut para ahli.
Semoga Baermanfaat :)

HIDUP MAHASISWA.....
INDONESIA NEGARAKU.....

5 Responses to "Jalur Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN,SBMPTN,UM)"

  1. wah.. terimakasih infonya gan, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. wah bagus juga ya aekolah nya, jadi pengen sekolah di situ deh...

    ReplyDelete
  3. Oh ternyata boleh di 2 universitas ya. Tapi kalau misalnya milih 3 jurusan di 1 universitas itu boleh nggak mas?

    ReplyDelete
  4. Kalau sekaramg kayaknya lebih dari 3 jalur deh gan.. nice post

    ReplyDelete